CETAK BROSUR

TEMPAT PENDAFTARAN RESMI HOMESCHOOLING SD HOMESCHOOLING SMP HOMESCHOOLING SMA BERIJAZAH NEGARA
TEMPAT PENDAFTARAN RESMI HOMESCHOOLING SD HOMESCHOOLING SMP HOMESCHOOLING SMA BERIJAZAH NEGARA


Ijazah homeschooling hasil Ujian Persamaan Ujian Kesetaraan di PKBM RISTEK NUSANTARA dapat digunakan untuk melanjutkan sekolah di sekolah reguler SD/SMP/SMA negeri maupun swasta dan berpenghargaan sama dengan ijazah SD SMP SMA IPA dan ijazah SMA IPS  dan dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi Kuliah ke Perguruan Tinggi Negeri - Swasta, kuliah ke Akademi dan kuliah ke Universitas Negeri maupun Swasta, ke Universitas di Luar Negeri.  Penyesuaian Golongan bagi Pegawai Negeri (PNS), TNI, POLRI, dll dan terbukti/terpercaya oleh instansi Pemerintah dan Swasta.

PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT - PKBM
RISTEK NUSANTARA

KECAMATAN CEMPAKA PUTIH KODYA JAKARTA PUSAT
Jl. Percetakan Negara 9 No.4B Jakarta Pusat
Telp.(021)-93088375 - 08161404440
(LOKASI MASUK DARI SAMPING RUTAN SALEMBA/JL. PERCETAKAN NEGARA IX / DI PINGGIR JALAN BESAR MASUK MOBIL PARKIR DEPAN RISTEK).
KLIK DISINI UNTUK LIHAT PETA

KLIK DISINI UNTUK LIHAT CONTOH IJAZAH HOMESCHOOLING SD
KLIK DISINI UNTUK LIHAT CONTOH IJAZAH HOMESCHOOLING SMP

KLIK DISINI UNTUK LIHAT CONTOH IJAZAH HOMESCHOOLING -IPA
KLIK DISINI UNTUK LIHAT CONTOH IJAZAH HOMESCHOOLING-IPS
KLIK DISINI UNTUK LIHAT CONTOH IJAZAH INTERNATIONAL

MENERIMA PENDAFTARAN SISWA BARU
HOMESCHOOLING SD - SMP - SMA
(SETARA SD - SETARA SMP - SETARA SMA)

KAMI AKAN MEMBERIKAN SEMUA KEMUDAHAN YANG KAMI MILIKI UNTUK ANDA.

SYARAT-SYARAT PENDAFTARAN
  1. HOMESCHOOLING SD.
    (*) Mengisi Formulir Pendaftaran
    (*)
    Menyerahkan 5 lembar foto ukuran 2x3 dan 10 lembar
           foto ukuran 3x4.  Foto harus mengenakan baju putih berkerah/
          kemeja (bukan kaos) karena foto akan digunakan untuk
          ijazah, foto boleh berwarna dengan warna latar belakang
          bebas ( boleh warna apa saja).

    (*) Peserta boleh dari luar kota di seluruh Indonesia.

     
  2. HOMESCHOOLING SMP.
    (*) Mengisi Formulir Pendaftaran
    (*) Menyerahkan 5 lembar foto ukuran 2x3 dan 10 lembar foto
          ukuran 3x4.  Foto harus mengenakan baju putih berkerah/
          kemeja (bukan kaos) karena foto akan digunakan untuk
          ijazah, foto boleh berwarna dengan warna latar belakang
          bebas ( boleh warna apa saja).

    (*) Menyerahkan 5 lembar Fotocopy Ijazah SD atau sederajat.
    (*) Ijazah SD boleh berasal dari daerah di seluruh Indonesia.
    (*) Juga menerima Ijazah SD berasal dari luar negeri.
    (*) Juga menerima peserta dari luar kota di seluruh Indonesia.
    (*) Juga menerima peserta dari luar Negeri (Boleh WNA/warga Asing).
     
  3. HOMESCHOOLING SMA
    (*) Mengisi Formulir Pendaftaran.
    (*) Menyerahkan 5 lembar foto ukuran 2x3 dan 10 lembar foto
          ukuran 3x4.  Foto harus mengenakan baju putih berkerah/
          kemeja (bukan kaos) karena foto akan digunakan untuk
          ijazah, foto boleh berwarna dengan warna latar belakang
          bebas ( boleh warna apa saja).

    (*) Menyerahkan 5 lembar Fotocopy Ijazah SMP atau sederajat..
    (*) Ijazah SMP boleh berasal dari daerah di seluruh Indonesia.
    (*) Juga menerima Ijazah SMP berasal dari luar negeri.
    (*) Juga menerima peserta dari luar kota di seluruh Indonesia.
    (*) Juga menerima peserta dari luar Negeri.(boleh WNA/ Warga asing).
     
WAKTU DAN TEMPAT PENDAFTARAN
  1. Pendaftaran dibuka setiap hari dari Senin s/d Minggu.  Jam buka pendaftaran 08.00 s/d 18.00.
  2. Tempat pendaftaran di  – RISTEK NUSANTARA –

    a.  Jl. Percetakan Negara 9 No.4 B Jakarta Pusat.
         HP 08161404440 Telp.93088375
        
    (Lokasi masuk dari samping kanan RUTAN SALEMBA Jakarta Pusat/
         Jl. Percetakan Negara IX/ di pinggir jalan besar Parkir Mobil depan
         RISTEK)

    b.  Jl. Percetakan Negara 7 No.1 Jakarta Pusat  Telp.081213589558.
         (Lokasi tepat di belakang RUTAN SALEMBA Jakarta Pusat).
PAKET PENDIDIKAN HOMESCHOOLING
  1. Homeschooling Mandiri.
    (*) Siswa belajar dibantu keluarga, orang tua, saudara, guru privat dll. Siswa belajar mandiri (karena tempat tinggalnya jauh atau ada di luar kota).
    (*) Bahan pelajaran, bahan latihan dan bahan ujian, raport, administrasi dll dikelola oleh Homeschooling RISTEK NUSANTARA.
  2. Homeschooling Tutorial.
    (*) Guru datang ke rumah siswa.
    (*) Waktu dan tempat belajar boleh di atur sendiri sesuai keinginan siswa.
    (*) Seminggu 2 Kali pertemuan @ 2 jam.
    (*) Bahan pelajaran, bahan latihan dan ujian disediakan oleh RISTEK NUSANTARA.
BIAYA
  1. HOMESCHOOLING MANDIRI (SD SMP SMA).
    (*) Uang pangkal Rp. 2.500.000,-
    (*) Biaya Administrasi Rp. 1.500.000,-/semester
    (*) Biaya Bulanan Rp. 0,-/bulan. (Tidak ada biaya bulanan).
    (*) Juga menerima peserta dari luar kota di seluruh Indonesia.
     
  2. HOMESCHOOLING TUTORIAL (SD SMP SMA).
    (*) Uang pangkal Rp. 2.500.000,-
    (*) Biaya Administrasi Rp. 1.500.000,-/semester
    (*) Biaya Bulanan Rp. 1.300.000,-/bulan.
     
LAIN - LAIN

Hal-hal mengenai Pendaftaran dan lain-lain dapat ditanyakan langsung ke pengelola: 
Ibu Nur
08161404440 (Mentari)
081213589558 (Simpati)
Irma
02193088375 (Esia)
Johan
02192750340 (Esia)
087881351485 (XL)
081281296537 (Simpati)
(021) 4240024 (Telepon Rumah)


Informasi lengkap  ke email: sekolahristek@gmail.com
 .
Untuk Telepon Internasional dapat menghubungi:  

Mbak Nur

622193088375 (Esia)
628161404440 (Mentari)
6281213589558 (Simpati) 
62214240024 (Telepon Rumah)
Info ke email: sekolahristek@gmail.com


* Kunjungi website kami :
http://paketc.risteknusantara.com
http://kejarpaketc.com
http://paketc.net

 

Mbak Irma


Ujian Persamaan Ujian Kesetaraan peserta dari homeschooling
PKBM RISTEK NUSANTARA DI YOUTUBE.
(Hartiwi Production - Hartoyo Wijaya thanks for this video)
Video Paket C lainnya klik Disini

TELAH DIBUKA
PENDAFTARAN UNTUK HOMESCHOOLING
  PERTANYAAN YANG SERING DIAJUKAN
   
1 DIMANA ALAMAT PENDAFTARAN HOMESCHOOLING?
Jika anda berada di Jakarta, Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang dan
sekitarnya daftar langsung ke:
PKBM RISTEK NUSANTARA
Jl. Percetakan Negara 9 No.4-B Kelurahan Rawasari Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusat. Telp.
Ibu Nur
08161404440 (Mentari)
081213589558 (Simpati)
Irma
02193088375 (Esia)
Johan
02192750340 (Esia)
087881351485 (XL)
081281296537 (Simpati)
(021) 4240024 (Telepon Rumah)
2 SAYA DI LUAR KOTA/LUAR NEGERI, BAGAIMANA CARA MENDAFTARNYA?
- Cara !:
Boleh diwakilkan oleh saudara/teman yang ada di Jakarta dengan membawa syarat-syarat pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran yang disediakan di tempat pendaftaran.

- Cara II:
Mengirimkan syarat-syarat pendaftaran yang diperlukan melalui TIKI/POS ke alamat:
Ristek Nusantara
Jl. Percetakan Negara 7 No.1 Rt/Rw. 011/004
Kelurahan Rawasari Kecamatan Cempaka Putih
Jakarta Pusat.

3 APA SYARAT-SYARATNYA UNTUK MENDAFTAR HOMESCHOOLING SD?
- Mengisi Formulir Pendaftaran yang telah disediakan.
- Menyerahkan Pas Foto Ukuran 2x3 (5 buah) dan 3x4 (10 buah).
- Foto harus mengenakan baju putih berkerah (bukan kaos).  Foto boleh berwarna dan akan digunakan untuk ijazah.
4 APA SYARAT-SYARATNYA UNTUK MENDAFTAR HOMESCHOOLING SMP?
- Mengisi Formulir Pendaftaran yang telah disediakan.
- Fotocopy ijazah SD atau sederajat sebanyak 5 lembar.
- Menyerahkan Pas Foto Ukuran 2x3 (5 buah) dan 3x4 (10 buah).
- Foto harus mengenakan baju putih berkerah (bukan kaos).  Foto boleh berwarna dan akan digunakan untuk ijazah.
5 APA SYARAT-SYARATNYA UNTUK MENDAFTAR HOMESCHOOLING SMA?
- Mengisi Formulir Pendaftaran yang telah disediakan.
- Fotocopy ijazah SMP atau sederajat sebanyak 5 lembar.
- Menyerahkan Pas Foto Ukuran 2x3 (5 buah) dan 3x4 (10 buah).
- Foto harus mengenakan baju putih berkerah (bukan kaos).  Foto boleh berwarna dan akan digunakan untuk ijazah.
 
6 APAKAH BISA MENDAFTAR SECARA ONLINE?
- Tidak bisa.
7 APAKAH BISA MENDAFTAR MELALUI TELEPON?
- Boleh mendaftar melalui Telepon.  Hubungi Ibu Nurchasanah Telp.08161404440.
8 BAGAIMANA CARA PEMBAYARAN?
- Pembayaran secara Cash atau Transfer bank.
9 APAKAH IJAZAH INI RESMI?
- Ijazah ini Resmi Ijazah Negara, terdaftar di Dinas Dikmen
10 SAYA DROPOUT KELAS 2 SD, BOLEHKAN SAYA IKUT HOMESCHOOLING SD?
- Boleh.
11 SAYA DROPOUT KELAS 2 SMP, BOLEHKAN SAYA IKUT HOMESCHOOLING SMP?
- Boleh.
12 SAYA DROPOUT KELAS 2 SMA, BOLEHKAN SAYA IKUT UJIAN PAKET C SETARA SMA?
- Boleh.
13

APAKAH HOMESCHOOLING MANDIRI ITU?
- Homeschooling mandiri itu siswa dituntut belajar secara mandiri. Memilih homeschooling mandiri artinya Anda sebagai orang tua adalah yang bertanggung jawab atas segala proses belajar anak Anda. Dengan kata lain, orangtua berada dalam posisi kepala sekolah yang mengatur jadwal dan menentukan perkembangan anak Anda dari waktu ke waktu. Ingat, Anda yang mengatur, jadi segala pilihan ada di tangan Anda. Entah mengikutkan anak ke kursus, atau Anda yang akan mengajarinya sendiri. Intinya, jangan sampai lupa dengan jadwal Anak karena sibuk kerja atau hal-hal lainnya. Kesuksesan anak homeschooling mandiri berasal dari orangtuanya.

14

APAKAH HOMESCHOOLING TUTORIAL ITU?
- Homeschooling Tutorial itu artinya guru datang ke rumah siswa.
(*) Waktu dan tempat belajar boleh di atur sendiri sesuai
     keinginan siswa.
(*) Seminggu 2 Kali pertemuan @ 2 jam.
(*) Bahan pelajaran, bahan latihan dan ujian disediakan oleh RISTEK

15

ANAK-ANAK TIDAK PERLU "STRES''.
- Anak Anda tidak perlu takut lagi dengan kondisi ruang kelas yang ribut, gaduh, atau tekanan dari teman sebaya atau orang-orang sekitar. Anak Anda akan berinteraksi dengan nyaman di rumah

16

MENGAJARKAN ANAK UNTUK BERPIKIR INDEPENDEN.
- Homescooling juga mengajak anak untuk berpikir secara mandiri. Guru privat yang terlibat dalam peningkatan kemampuan anak secara akademik hanya membantu mengarahkan. Anak yang akan menentukan sendiri sejauh mana ia mampu berpikir.
 

17

PERKEMBANGAN ANAK LEBIH PESAT.
Jika dibandingkan dengan sekolah-sekolah formal pada umumnya, homeschooling sesungguhnya merupakan program yang dapat membantu dalam perkembangan anak. Setiap anak memiliki tingkat penerimaan pengetahuan yang berbeda-beda. Namun, sekolah formal lebih cenderung untuk menyamakan semua kemampuan anak. Maka, tak jarang anak dengan daya tangkap lebih rendah harus berusaha keras dalam untuk mengatasi ketertinggalan dibandingkan dengan teman-temannya. Nah, dengan homeschooling ini, sang anak dapat belajar langsung dengan guru privat dan sesuatu yang menjadi ketidaktahuan anak akan dengan mudah diidentifikasi oleh guru karena berkomunikasi langsung.

18

MEMILIKI KARAKTER YANG LEBIH KUAT.
Anak dengan didikan langsung oleh orangtua akan memiliki kepekaan dan keterampilan sosial yang lebih tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh intensitas pertemuan yang lebih sering. Selain itu, anak-anak biasanya akan merasa lebih percaya diri dan terbuka dengan segala keterbatasan pengetahuan yang dimiliki kepada pengajar atau orangtua.

19 ANAK-ANAK AKAN DEWASA DENGAN CARANYA SENDIRI.
Homeschooling akan membantu anak Anda untuk menemukan tingkat kedewasaannya dan kapan ia menunjukkan kedewasaannya.  Anda dapat mengawasi dan mengontrol pergaulan anak secara langsung.
20

ORANG TUA HARUS IKUT BELAJAR.
Gagal atau suksesnya anak homeschooling berasal dari orangtua. Maka, sebagai orangtua, Anda pun mau tidak mau harus ikut belajar. Perkaya diri Anda dengan membaca buku, atau browsing internet sehingga jika ada pertanyaan yang dilontarkan anak, Anda dapat menjelaskan kepada mereka. Jangan malu untuk belajar hal-hal seperti Matematika atau Fisika Dasar kembali, karena belajar itu proses, tidak terbatas pada umur saja.

21 Jika jawaban di atas masih kurang jelas, silahkan bertanya langsung ke Ibu NurChasanah Telp.08161404440

Hal-hal mengenai pendaftaran dan lain-lain dapat ditanyakan langsung ke pengelola Mbak Nur/Irma Telp.
08161404440 (Mentari)
081213589558 (Simpati) 
(021) 93088375 (Esia)

Informasi lengkap  ke email: sekolahristek@gmail.com .
 

 
 

Jumat, 12 Agustus 2011

Homeschooling, Terobosan Baru dalam Pendidikan

Homeschooling, Terobosan Baru dalam Pendidikan





Homeschooling (Sekolah Rumah) saat ini mulai menjadi salah satu model pilihan orang tua dalam mengarahkan anak-anaknya dalam bidang pendidikan. Merebaknya homeschooling belakangan ini banyak menimbulkan pro dan kontra. Homescooling merupakan suatu model inovasi pembelajaran yang non formal. Homeschooling ini banyak dilakukan di kota-kota besar, terutama oleh mereka yang pernah melakukannya ketika berada di luar negeri. Apalagi bagi anak-anak yang memiliki kesibukan tinggi seperti artis, maupun anak-anak yang memang khusus dididik untuk menekuni bidang keterampilan tertentu, juga untuk anak-anak yang kurang berhasil dalam proses sosialisasinya sehingga ia memilih untuk belajar sendiri daripada belajar secara formal dengan teman-teman sebaya mereka seperti di sekolah.
Homeschooling (Sekolah rumah), menurut Direktur Pendidikan Masyarakat Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Ella Yulaelawati, adalah proses layanan pendidikan yang secara sadar, teratur dan terarah dilakukan oleh orang tua atau keluarga dan proses belajar mengajar pun berlangsung dalam suasana yang kondusif.Tujuannya, agar setiap potensi anak yang unik dapat berkembang secara maksimal.
Ada beberapa alasan mengapa para orang tua di Indonesia lebih memilih sekolah rumah. Kecendrungannya antara lain, bisa menekankan kepada pendidikan moral atau keagamaan, memperluas lingkungan sosial dan tentunya suasana belajar yang lebih baik, selain memberikan pembelajaran langsung yang konstekstual, tematik, nonskolastik yang tidak tersekat-sekat oleh batasan ilmu.
Menurut Ela Yulaelawati, pandangan ini memberikan pengertian luas kepada setiap orang untuk lebih mengekspresikan keinginan dan kemampuan dalam menimba ilmu, tidak hanya di lingkungan yang dinamakan sekolah. Bahkan kesempatan mendapatkan ilmu yang lebih juga memiliki peluang besar sejalan dengan perkembangan pendidikan.
Hal ini yang kemudian membuat homeschooling dipilih sebagai salah alternatif proses belajar mengajar dalam perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Hingga kemudian model homeschooling (Sekolah Rumah) dimasukan dalam revisi UU pendidikan no 20 tahun 2003.
Menurut Seto Mulyadi, Ketua Komnas Anak, kemunculan homeschooling sebagai salah satu alternatif memang perlu dibuktikan keberhasilannya sebagai sebuah kompetisi proses menimba melalui sistem non formal.
Secara etimologis, home schooling (HS) adalah sekolah yang diadakan di rumah. Meski disebut home schoooling, tidak berarti anak akan terus menerus belajar di rumah, tetapi anak-anak bisa belajar di mana saja dan kapan saja asal situasi dan kondisinya benar-benar nyaman dan menyenangkan seperti layaknya berada dirumah.  Keunggulan secara individual inilah yang memberi makna bagi terintegrasinya mata pelajaran kepada peserta didik.
Bentuk dukungan dari orang tua untuk belajar, menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan, dan memelihara minat dan antusias belajar anak. Karena dibalik kemudahan, Sekolah rumah juga memerlukan kesabaran orangtua, kerja sama antaranggota keluarga, dan konsisten dalam penanaman kebiasaan.
Namun disisi lain, homeschooling menimbulkan asumsi yang kurang menyenangkan dimata masyarakat. Menurut masyarakat awam homeschooling menyebabkan anak kurang bersosialisasi, orang tua tidak bisa menjadi guru, orang tua harus tahu segalanya, orang tua harus meluangkan waktu 8 jam sehari, waktu belajar tidak sebanyak waktu belajar sekolah formal, anak tidak terbiasa disiplin dan seenaknya sendiri, tidak bisa mendapatkan ijazah dan pindah jalur ke sekolah formal, tidak mampu berkompetisi, dan homeschooling mahal.
Ada beberapa klasifikasi format homeschooling, yaitu:
1. Homeschooling tunggal
Dilaksanakan oleh orangtua dalam satu keluarga tanpa bergabung dengan lainnya karena hal tertentu atau karena lokasi yang berjauhan.

2. Homeschooling majemuk
Dilaksanakan oleh dua atau lebih keluarga untuk kegiatan tertentu sementara kegiatan pokok tetap dilaksanakan oleh orangtua masing-masing. Alasannya: terdapat kebutuhan-kebutuhan yang dapat dikompromikan oleh beberapa keluarga untuk melakukan kegiatan bersama. Contohnya kurikulum dari Konsorsium, kegiatan olahraga (misalnya keluarga atlit tennis), keahlian musik/seni, kegiatan sosial dan kegiatan agama

3. Komunitas homeschooling
Gabungan beberapa homeschooling majemuk yang menyusun dan menentukan silabus, bahan ajar, kegiatan pokok (olah raga, musik/seni dan bahasa), sarana/prasarana dan jadwal pembelajaran. Komitmen penyelenggaraan pembelajaran antara orang tua dan komunitasnya kurang lebih 50:50.

Alasan masyarakat memilih komunitas homeschooling antara lain yaitu:
- Terstruktur dan lebih lengkap untuk pendidikan akademik, pembangunan akhlak mulia dan pencapaian hasil belajar
-Tersedia fasilitas pembelajaran yang lebih baik misalnya: bengkel kerja, laboratorium alam, perpustakaan, laboratorium IPA/Bahasa, auditorium, fasilitas olah raga dan kesenian
- Ruang gerak sosialisasi peserta didik lebih luas tetapi dapat dikendalikan
- Dukungan lebih besar karena masing-masing bertanggung jawab untuk saling mengajar sesuai keahlian masing-masing
- Sesuai untuk anak usia di atas 10 tahun
- Menggabungkan keluarga tinggal berjauhan melalui internet dan alat informasi lainnya untuk tolak banding (benchmarking) termasuk untuk standardisasi
Asumsi masyarakat yang memandang homeschooling kurang baik menyebabkan kegiatan ini menghadapi beberapa tantangan dalam perkembangannya yaitu:
1. Homeschooling tunggal
- Sulitnya memperoleh dukungan/tempat bertanya, berbagi dan berbanding keberhasilan
- Kurang tempat sosialisasi untuk mengekspresikan diri sebagai syarat pendewasaan
- Orang tua harus melakukan penilaian hasil pendidikan dan mengusahakan penyetaraannya

2. Homeschooling majemuk
- Perlu kompromi dan fleksibilitas jadwal, suasana, fasilitas dan kegiatan tertentu
- Perlu ahli dalam bidang tertentu walaupun kehadiran orang tua harus tetap ada
- Anak-anak dengan keahlian/kegiatan khusus harus menyesuaikan/menerima lingkungan lainnya dengan dan menerima perbedaan-perbedaan lainnya sebagai proses pembentukan jati diri
- Orang tua masing-masing penyelenggara homeschooling harus menyelenggarakan sendiri penyetaraannya

3. Komunitas homeschooling
- Perlunya kompromi dan fleksibilitas jadwal, suasana, fasilitas dan kegiatan tertentu yang dapat dilaksanakan bersama-sama
- Perlunya pengawasan yang professional sehingga diperlukan keahlian dalam bidang tertentu walaupun kehadiran orang tua harus tetap ada
- Anak-anak dengan keahlian atau kegiatan khusus harus juga bisa menyesuaikan dengan lingkungan lainnya dan menerima perbedaan-perbedaan lainnya sebagai proses pembentukan jati diri.

Sebagai sebuah pendidikan alternatif, homeschooling juga mempunyai beberapa kekuatan dan kelemahan. Kekuatan/kelebihan homeschooling adalah:
lebih memberikan kemandirian dan kreativitas individual bukan pembelajaran secara klasikal, memberikan peluang untuk mencapai kompetensi individual semaksimal mungkin sehingga tidak selalu harus terbatasi untuk membandingkan dengan kemampuan tertinggi, rata-rata atau bahkan terendah, terlindungi dari tawuran, kenakalan, NAPZA, pergaulan yang menyimpang, konsumerisme dan jajan makanan yang malnutrisi, lebih bergaul dengan orang dewasa sebagai panutan, lebih disiapkan untuk kehidupan nyata, lebih didorong untuk melakukan kegiatan keagamaan, rekreasi/olahraga keluarga, membantu anak lebih berkembang, memahami dirinya dan perannya dalam dunia nyata disertai kebebasan berpendapat, menolak atau menyepakati nilai-nlai tertentu tanpa harus merasa takut untuk mendapat celaan dari teman atau nilai kurang, membelajarkan anak-anak dengan berbagai situasi, kondisi dan lingkungan sosial, masih memberikan peluang berinteraksi dengan teman sebaya di luar jam belajarnya.
Sedangkan kelemahan homeschooling adalah: anak-anak yang belajar di homeschooling kurang berinteraksi dengan teman sebaya dari berbagai status sosial yang dapat memberikan pengalaman berharga untuk belajar hidup di masyarakat, sekolah merupakan tempat belajar yang khas yang dapat melatih anak untuk bersaing dan mencapai keberhasilan setinggi-tingginya, homeschooling dapat mengisolasi peserta didik dari kenyataan-kenyataan yang kurang menyenangkan sehingga dapat berpengaruh pada perkembangan individu. Apabila anak hanya belajar di homeschooling, kemungkinan ia akan terisolasi dari lingkungan sosial yang kurang menyenangkan sehingga ia akan kurang siap untuk menghadapi berbagai kesalahan atau ketidakpastian.
Menjamurnya program homeschooling ini membawa dampak positif bagi dunia pendidikan di Indonesia. Karena dengan adanya homeschooling, seorang anak bisa dengan leluasa mengembangkan potensi diri yang mereka miliki. Meskipun program pendidikan non formal ini masih belum maksimal, yaitu hanya di kalangan masyarakat kelas menengah ke atas saja yang mampu melakukannya. Namun sedikit banyak program ini menyumbang peranan yang berati bagi dunia pendidikan Indonesia. Apalagi bagi anak-anak yang memiliki kesibukan tinggi seperti artis, maupun anak-anak yang memang khusus dididik untuk menekuni bidang keterampilan tertentu, juga untuk anak-anak yang kurang berhasil dalam proses sosialnya sehingga ia memilih untuk belajar sendiri daripada belajar secara formal dengan teman-teman sebaya mereka seperti di sekolah.
Agar homeschooling dapat dilaksanakan dengan baik dan anak dapat merasa nyaman dalam belajar, maka ada beberapa prasyarat keberhasilan dalam menyelenggarakan homeschooling, yaitu: kemauan dan tekad yang bulat, disiplin belajar-pembelajaran yang dipegang teguh , ketersediaan waktu yang cukup, keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, kemampuan orang tua mengelola kegiatan, ketersediaan sumber belajar , dipenuhinya standar yang ditentukan, ditegakkannya ketentuan hukum, diselenggarakannya program sosialisasi agar anak-anak tidak terasing dari lingkungan masyarakat dan teman sebaya, dijalinnya kerjasama dengan lembaga pendidikan formal dan nonformal setempat sesuai dengan prinsip keterbukaan dan multimakna, terjalin komunikasi yang baik antar penyelenggara homeschooling, tersedianya perangkat penilaian belajar yang inovatif (misalnya dalam bentuk portofolio dan kolokium).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar